Formulasi dan Presentasi Rencana Bisnis
Jenis Bidang
Usaha - Sumber daya
· Pengolahan(manufacturing)
· perdagangan
(trading)
· jasa
(service)
· Man
· Money
· Material
· Methods
· Markets
· Technology
Formulasi
Penyusunan Rencana Bisnis
1. Ide Usaha
(Business Idea)
· Peninjauan
lingkungan terhadap usaha yang berhasil
· Peninjauan
lingkungan terhadap kebutuhan konsumen yang belum dipenuhi
· Peninjauan
lingkungan terhadap kelemahan produk saat ini
· Peninjauan
lingkungan dengan menggunakan tolak ukur
2. Tahap Perumusan
Konsep Usaha
Penjabaran ide usaha ke dalam
dimensi bisnis yang relevan:
· peninjauan
lingkungan
· analisis situasional
3. Studi Kelayakan Usaha Kelayakan Teknik (Technical Feasibility)
· Kelayakan
pemasaran (marketing feasibility)
· Kelayakan
keuangan (financial feasibility)
· Kemampuan
organisasional (organizational capabilities)
· Analisis persaingan (competitive analysis)
4. Penyusunan Rencana Bisnis
Mengembangkan visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan
dari suatu usaha baruMengembangkan manajemen perusahaan yang menyangkut
kegiatan penetapan direksi perusahaan (para manajer utama
perusahaan)Mengembangkan lingkungan internal perusahaan (struktur organisasi,
budaya perusahaan, sumberdaya organisasi)Mengembangkan proyeksi kerja
perusahaan (titik impas, perkiraan penjualan, HPP, perkiraan L/R, neraca,
cashflow, payback period)
Dalam mengenalkan bisnis, baik itu kepada calon investor,
supllier, atau mitra bisnis strategis lainnya, kita membutuhkan media
komunikasi yang baik. Salah satu platform paling populer yang biasanya
digunakan untuk presentasi profil perusahaan atau bisnis adalah
dengan menggunakan Power Point. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu
mempresentasikan bisnis Anda dalam format seperti ini, berikut diantara
kelebihannya:
o Umum
digunakan baik perseorangan maupun perusahaan
o Informasi
dapat disampaikan secara runut
o Dapat
menguatkan pesan dengan gambar
o Disampaikan
berdasarkan poin-poin utama
Contoh Presentasi Bisnis yang Baik
Dalam membuat presentasi bisnis yang baik, tidak semua informasi
yang berkaitan dengan bisnis Anda harus disampaikan.Jangan pula memberikan info
yang sifatnya primer, namun hanya diberikan setengah-setengah, karena itu akan
membingungkan audience Anda.Berikanlah informasi yang
sekiranya memang dibutuhkan oleh pembaca atau penonton presentasi Anda. Kenali
apa yang mereka butuhkan.
Sederhananya, apabila Anda membuat
presentasi untuk investor, maka sertakanlah peta market serta dana yang sedang
Anda butuhkan. Jika Anda ingin mempresentasikan kepada mitra bisnis strategis,
maka komunikasikan nilai lebih dari produk yang Anda tawarkan, dan seterusnya.
Secara umum, poin-poin utama yang
harus ada dalam presentasi bisnis terutama yang berupa produk, dapat mengacu
pada format ini. Format di bawah ini sudah cuHayakup lengkap sebagaimana
presentasi di dalam company profile maupun business
plan.
Isi Presentasi
Bisnis
Berikut yang harus dimuat dalam sebuah presentasi bisnis:
1. Latar belakang,
masalah dibalik lahirnya ide bisnis
2. Alasan yang kuat,
mengapa bisnis Anda adalah solusi
3. Bisnis model,
bagaimana cara Anda menghasilkan uang
4. Nilai tambah, yang
menjadikan bisnis atau produk Anda berbeda
5. Ukuran pasar, siapa
yang jadi target market dan seberapa besar potensinya
6. Perhitungan finansial,
bagaimana proyeksi keuntungannya
7. Kondisi existing dari
bisnis Anda
8. Kebutuhan perusahaan Anda
sekarang
Implementasi Rencana Bisnis
Masalah produk/ pasar (product/market problem) Kesulitan finansial (financial difficulties problems) Masalah manajerial (managerial problems)
Masalah produk/ pasar (product/market problem) Kesulitan finansial (financial difficulties problems) Masalah manajerial (managerial problems)
Masalah Produk/Pasar Penentuan Waktu yang Buruk (Poor Timing)
Masalah desain produk (product design problems) Strategi distribusi yang tidak tepat Konsep bisnis yang tidak jelas Menggantungkan diri pada satu pelanggan.
Masalah desain produk (product design problems) Strategi distribusi yang tidak tepat Konsep bisnis yang tidak jelas Menggantungkan diri pada satu pelanggan.
Kesulitan Keuangan Kekurangan Modal Awal Berhutang Terlalu Cepat
Masalah modal ventura
Masalah modal ventura
Tahap Pengendalian Usaha
Pengukuran (measuring) Pembandingan (comparing) Tindakan manajerial (managerial action)
Pengukuran (measuring) Pembandingan (comparing) Tindakan manajerial (managerial action)
1. pengukuran Objek
pengukuran Metode pengukuran
2 perbandingan Membandingkan
kinerja aktual (actual performance) dengan standar yang telah ditetapkan
3. Tindakan manajerial Tidak melakukan tindakan manajerial apa pun bila hasil
perbandingan memuaskan Tidak
melakukan tindakan manajerial apa pun bila hasil perbandingan masih dalam batas
toleransi wajar Melakukan tindakan
koreksi bila penyimpangan yang terjadi sudah tidak dapat ditoleransi berdasar
standar kinerja
0 comments:
Post a Comment